Pidato Membangun Bangsa , Mencintai Bahasa dan Mempersatukan Indonesia

MEMBANGUN BANGSA, MENCINTAI BAHASA, MEMPERSATUKAN INDONESIA

Assalamualaikum Wb. Wb
Dewan juri, hadirin dan teman – temanku generasi muda penerus estafet perjuangan bangsa….
Perkenalkan saya Muhammad Irhas yang pada kesempatan kali ini akan mengangkat tema tentang membangun bangsa, mencintai bahasa dan menyatukan Indonesia.

Yang pertama dan yang paling utama, perkenankan saya mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah menganugerahkan kita Negara Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, negara Indonesia adalah negara yang dikaruniai banyaaak sekali keistimewaan, keanekaragaman adat istiadat, budaya, sumber daya alam, bahasa daerah dan maasih banyak lagi lainnya yang bisa menjadi kebanggaan kita sebagai warganya.
Salah satu keanekaragaman budaya Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain ialah bahasa daerah. Dari sekian suku bangsa yang ada di Indonesia  sejumlah itu pula bahasa daerah yang kita miliki.

Dewan juri, hadirin dan teman – temanku generasi muda penerus estafet perjuangan bangsa.
Miris …!!!  sungguh miris , di balik semua kebanggaan kita terhadap bahasa daerah ada sebagian dari kita yang salah kaprah dalam menyikapi keanekaragaman ini. Mereka memiliki fanatisme yang berlebihan, sehingga meremehkan adat, budaya dan bahasa daerah lainnya. Sebaliknya ada juga yang bangga menggunakan bahasa asing dalam pergaulan maupun dalam tulisan – tulisan. Mereka merasa keren dan lebih pintar  jika menggunakan bahasa asing, sehingga akhirnya bahasa Indonesia menjadi semakin tergeser keberadaannya dan justru menjadi bahasa asing di negaranya sendiri.

Untuk itu diperlukan kesadaran kita untuk memiliki dan menjaga bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu, karena bahasa Indonesia adalah jati diri bangsa yang berfungsi sebagai alat komunikasi antar individu, kelompok, dan  organisasi dalam berbagai konteks kehidupan.
Kita sebagai generasi muda harus bangga memiliki tanah air dan mencintai Bahasa Indonesia. Cinta terhadap bahasa Indonesia artinya harus mengenal, memahami, dan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari penggunaan bahasa asing secara berlebihan dan tingkatkan penggunaan bahasa Indonesia disetiap kesempatan dan aktivitas resmi maupun tidak resmi, karena pemanfaatan bahasa Indonesia di seluruh provinsi berdampak sangat positif sebagai alat pemersatu antar wilayah dan antar suku yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dewan juri, hadirin dan teman – temanku generasi muda penerus estafet perjuangan bangsa. Mari kita bangun negara kita dengan apa saja yang mampu kita lakukan, mulailah dari diri kita sendiri,  lestarikan apa yang menjadi kebanggaan Indonesia,  agar kelak bisa kita wariskan pada anak cucu kita, negara Indonesia yang masyhur dengan untaian zamrud katulistiwanya, negara yang subur dan makmur gemah ripah lohjinawi, negara yang menjunjung tinggi persatuan, negara yang kuat bersatu meskipun terdiri dari aneka suku bangsa dan bahasa daerah yang berbeda.

Dewan juri, hadirin dan teman – temanku generasi muda penerus estafet perjuangan bangsa. Sebelum saya akhiri perkenankan saya mengajak semua yang hadir disini untuk bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Pusaka … mari …

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya

Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Reff :
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

ungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

Reff :Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga banyak manfaat didapat, persatuan diantara kita bertambah erat, demi terwujudnya Indonesia yang semakin kuat dan hebat !!!


Wassalamualikum Wr. Wb

Comments

Popular posts from this blog

Materi Hafalan dan Doa sehari-hari